RSS

HAL-HAL YANG MEMBANTU TERLAKSANANYA TUGAS PIMPINAN

13 Jul

pimpin
Dari Abu Ya’la Ma’qil bin Yasar ra., ia berkata : Saya mendengar Rasulullah saw. Bersabda : “Seorang hamba yang diberi Allah kepercayaan memimpin rakyatnya, dan ia mati dalam keadaan menipu rakyatnya, pasti Allah mengharamkan surge baginya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Betapa beratnya amanah dan tanggung jawab seorang pemimpin seperti salah satu hadis diatas. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhitungkan setiap pemimpin dalam rangka melaksanakan tugasnya. Kita tidak akan mampu melaksanakan satu gerakan atau mewujudkan beberapa tujuan tanpa taufik dan pertolongan Allah swt, meski bagaimanapun hebatnya kemampuan kita.
1. Ikhlas karena Allah, serta selalu benar dan jujur kepada-Nya adalah sesuatu yang paling penting dan merupakan keharusan bagi seorang pemimpin pada waktu memikul tanggung jawab dan amanah yang dibebankan kepadanya.
2. Peka terhadap pengawasan dan penjagaan Allah yang terus menerus terhadap seluruh waktu dan amal usahanya.
3. Memohon pertolongan dan perlindungan Allah dalam seluruh keadaan dan aktivitasnya.
4. Memiliki rasa tanggungjawab besar yang dapat mendorongnya untuk selalu menjaga diri dalam memegang amanah.
5. Memberikan perhatian yang cukup kepada masalah pendidikan (tarbiyah), menyiapkan kader dan calon pengganti.
6. Terjalinnya rasa kasih sayang dan ukhuwah yang tulus di kalangan anggota jama’ah, khususnya antara anggota dan pemimpin.
7. Merencanakan program yang tepat, menentukan tujuan, tahapan, cara, sarana, persiapan-persiapan sesuai dengan kemampuan.
8. Merasakan bagaimana beratnya amanah dan tanggungjawab seorang pemimpin dan anggotanya.
9. Cita-cita dan tekad berjuang.

Terakhir, mari kita renungkan ungkapan Imam Syahid Hasan Al-Banna.
“Dari dulu sampai sekarang, saya selalu mengatakan kepada ikhwan semua, di dalam setiap kesempatan, bahwa kalian tidak akan terkalahkan karena sedikitnya jumlah kalian, lemahnya sarana dan kurangnya alat-alat pendukung, atau karena banyaknya musuh kalian, berkumpulnya musuh-musuh menentang kalian.Mengapa? Karena walaupun semua isi bumi ini behimpun menjadi satu memusuhi kalian, niscaya mereka tidak dapat membahayakan kalian kecuali apa yang telah ditentukan Allah kepada kalian. Tetapi ada satu sebab yang dapat menghancurkan kalian dan menyebabkan kalian kehilangan segalanya, yaitu jika hati kalian telah rusak, Allah tidak memperbaiki amal kalian, suara kalian telah terpecah belah dan saling bertentangan pendapat. Sebaliknya selama kalian bersatu, selalu menghadap Allah swt, senantiasa mengikuti dan taat kepada-Nya, berjalan sesuai dengan manhaj yang diridhai-Nya, kalian tidak akan pernah merasa lemah dan hina. Dan jadilah kalian sebagai umat yang paling tinggi. Allah akan selalu bersama kalian dan tidak akan menyianyiakan amal serta usaha kalian.”

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 13 Juli 2009 in Dakwah

 

One response to “HAL-HAL YANG MEMBANTU TERLAKSANANYA TUGAS PIMPINAN

  1. neng ratih

    27 Mei 2012 at 2:58 am

    luar biaza

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: