RSS

Untaian Hikmah

28 Okt

nasehatBertawakalah atas jalan kehidupan yang Allah berikan kepada kita. Teruslah memohon yang terbaik, mudah-mudahan Allah swt memberi jalan keridhoanNya atas apa yang kita harapkan untuk menggapai kehidupan yang penuh keberkahan dunia dan akhirat. Sandarkanlah selalu hati kita akan pertolongan dan perlindungan Allah. Semoga hati kita senantiasa terhibur dengan bertaqarub kepadaNya.

“Barangsiapa yang meletakan hatinya di sisi Alah maka ia akan tenang,dan barang siapa memberikan hatinya kepada manusia maka ia akan gundah gulana.” (ibnul Qoyyim)

Beruntunglah seorang hamba yang menjadikan ibadah sebagai pekerjaannya. Kefakiran sebagai dambaannya.Uzlah [menyendiri] sebagai ambisinya. Akhirat sebagai cita-citanya. Mencari penghidupan sebagai bekalnya.Maut sebagai kesibukan pikirannya.Tekun dengan zuhud sebagai niatnya yang ikhlas. Ia mematikan kesombongannya dengan kehinaan dan menjadi keperluannya hanya kepada Rabbnya. Pada saat kesendiriannya selalu mengingat kesalahannya membasahi pipinya dengan air mata. Mengadu kepada Allah tentang keterasingannya dan memohon rahmat dengan bertaubat kepadaNya.

PadaMu Rabbi..
Ajarkan kami bagaimana berfikir sebelum bicara,untuk menerima sebelum menuntut,tersenyum disaat kecewa,tenang dikala gundah,untuk diam dikala gaduh,dan bersahaja diatas kemewahan.

Ada sarana yang akan menghantarkan kita kepada surga-Nya, yaitu “Roja dan Khauf”.
Roja agar kita senantiasa berada daam rasa harap karena setiap amalan kita akan mendapat pahala dengan surga sebagai balasannya. Dan Khauf, agar kita berada dalam rasa takut sehingga kita dapat mengerem perbuatan dzalim dengan terhindar dari panasnya api neraka sebagai balasannya. Kita berdoa agar kita dapat bersikap adil/tepat pada tempatnya dan ini adalah perjuangan untuk kita sebagai seorang hamba yang lemah.

Berbahagialah orang yang dapat menginfestasikan sebagian waktunya di sela-sela kesibukan dunia, untuk kebahagiaanYang Kekal di negeri akhirat. Sesungguhnya maut itu pasti datang.

Peliharalah imanmu dengan sedekah, bentengilah hartamu dengan berzakat dan tolaklah gelombang bencana dengan selalu berdoa kepada Allah swt (Ali bin Abi Thalib)

Barangsiapa yang resah dengan rizki yang sudah menjadi tanggungan Allah berarti ia lemah imannya,mantapkanlah ikhtiar,sempurnakanlah berdoa dan akhiri dengan tawakal.

Ya Allah..Jangan biarkan diri kami melangkah di duniaMu dengan kesombongan
Ya Allah..lembutkanlah jiwa kami dengan taubat,hiasi diri kami dengan takwa.

Ketika kehidupan memberi seribu alasan untuk ingin sesuatu,pahamilah bahwa Allah punya sejuta tahu akan kebutuhanmu. Awali hari ini dengan syukur dan keikhlasan..
Nikmati setiap detik waktu dengan istiqomah dan keikhlasan..
Akhiri kelelahan dengan senyum dan keikhlasan. Semoga Allah meridhoi semua usaha yang kita lakukan.

Ya Allah..aku berlindung dari hati yang tidak khusyu dan dari doa yang tidak didengar,dan dari diri yang tidak pernah kenyang,dan dari ilmu yang tidak bermanfaat.Dan aku berlindung dari 4 perkara tadi{HR Tirmidzi}

Kesabran menghadapi saat-saat sulit tanda kedewasaan..ketabahan disaat duka menimpa adalah buah dari keikhlasan..semoga kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur.

Semoga Allah memberikan sebuah pelangi dalam setiap badai,sebuah senyum dalam setiap air mata, sebuah perlindungan dalam setiap cobaan,sebuah sinar dalam setiap penglihatan,sebuah jawaban untuk setiap doa.amin

Ingat 5 tanda kesengsaraan: Hati yang kering, Pandangan yang Zumud, Sedikit perhatian, Cinta kepada Dunia, Panjang angan-angan.

Indahnya tali persaudaraan adalah disaat memberi tanpa terbalas..ada sapa dalam sedih..ada doa dalam tangis..ada makna dalam setiap kata..ada nasihat dalam kesalahan..ada Allah dalam cinta. Semoga kita mendapatkan itu semua..

Berbahagialah orang yang selalu diselimuti dengan rasa cinta,karena dengan rasa cinta dan ridhoNya jiwa kita akan lebih tentram dalam mengarungi kehidupan ini

Ternyata hidup ini utnuk kubur, untuk tanah dan belatung,untuk munkar dan nakir, bukan untuk dinar dan dirham. Usahakanlah hidup ini agar selamat di kubur. Ada yang menemani kita di alam kubur. Ada yang memberi syafaat pada hari kiamat yaitu Al Qur’an. Selamat membaca dan memahami sahabat yang akan menemani kita nanti…

Ya Allah jadikan hati kami ini peka terhadap semua kebususkan di hati kami selembut apapun. Kami berlindung dari senang di puji dan takut dicaci makhluk..

Ilmu adalah pendamping dalam kesendirian; teman dalam keterasingan; pengiring dikala sepi; penunjuk pada jalan kebenaran; penolong dalam kesempitan dan tabungan kebaikan untuk kehidupan setelah mati..

Ya Allah hamba berlindung dari hati yang tiada merindukanMu di malam yang selalu dirindukan oleh para kekasihMu.

Bagai langkah semut di atas batu bahkan lebih lembut dari langkah semut itu. Seperti itulah perumpamaan sifat ujub dan ria tidak terasa oleh penderitanya

Ada 3 sumber cahaya dalam hidup; matahari,rembulan dan kebaikan. Matahari dan rembulan telah memiliki cahayanya sendiri dan telah diatur rapi oleh sang Maha Pemberi Cahaya. Sementara cahaya kebaikan, ia perlu pengusahaan dari diri kita! Susah memang,namun andaikan cahaya kebaikan telah menghimpun diri kita, maka terangnya cahaya kebaikan melebihi terang cahaya Matahari dan rembulan. Mudah-mudahan kita bisa menjadi cahaya kebaikan itu.

Tidak akan selamat menjadi ahli surga yang di dalam hatinya ada TAKABUR walau sebesar jaroh(HR Muslim). Salah satu ciri TAKABUR : Meremehkan orang lain.Kita tidak tahu, siapa tahu yang diremehkan itu lebih mulia dihadapan Allah. Mudah-mudahan kita terbebas dari satu sifat TAKABUR tadi.

Perindu Syurga tak akan pernah lepas dari ikhtiar dan doa. Ikhtiar agar siap diri,doa agar selalu tegar hati. Tersenyumlah dengan ceria seraya berkata, “bismillah”.

Sesungguhnya kita masih dihormati dan dihargai orang orang karena Allah masih menutupi aib kita,Seandainya Allah membukakan Aib kita,pastilah tidak ada yang bisa menolong kita dari kehinaan.

Cinta layaknya sebatang pohon di dalam hati,akarnya adalah ketundukan kepada Sang Kekasih,batangnya adalah pengenalan mendalam tentang-Nya, rantingnya adalah perasaan takut kepada-Nya, daunnya adalah rasa malu kepadaNya, buahnya adalah ketaatan padaNya dan unsur penyiram/pupuknya adalah ingat kepadaNya. Jika satu dari elemen dari bagian-bagian ini hilang,maka kadar cinta akan berkurang. (Ibnu Al Qoyyim)

Doa orang muslim terhadap saudaranya yang jauh(tidak hadir) pasti diijabah..di atas kepalanya malaikat yang mewakili..ketika orang itu berdoa yang baik untuk saudaranya, maka malaikat akan mengaminkannya (HR Ahmad dari Abu Darda)

Ya Allah, lembutkanlah jiwa kami dengan taubat.Satukanlah diri kami dengan orang-orang soleh dan jadikanlah kami ahli surga yang selalu berharap ridhoMu.

Ya Allah, terangilah mataku agar dapat melihat kebenaran dalam kegelapan, bersihkanlah telingaku dari segala macam gibah, ihsankanlah mulutku agar setiap ucapanku dapat meluluhkan setiap amarah dan membangkitkan semangat, kuatkanlah pundakku agar dapat mengangkat seberat apaun beban, ringankanlah tangan dan kakiku agar dapat merangkul,menjabat tangan dan melangkah bersilaturahim sebagai hablumminannas-ku, jernihkanlah pikiranku agar dapat membedakan mana ujian dan mana musibah, memecahkan masalah dan pandai mengambil hikmah darinya.

Di sekitar arsy ada menara-menara dari cahaya, di dalamnya ada orang-orang yang pakaiannya dari cahaya dan wajah-wajag mereka pun bercahaya. Mereka bukan para Nabi dan Syuhada. Hingga para Nabi dan Syuhada pun iri kepada mereka,ketika para sahabat bertanya, Rasul menjawab,”Mereka orang-orang yang saling mencintai, bersahabat dan saling kunjung karena Allah. (HR Tirmidzi)

Ilmu adalah pendamping dalam kesendirian; teman dalam keterasingan; pengiring di kala sepi; petunjuk pada jalan kebenaran; penolong dalam kesempitan dan tabungan kebaikan untuk kehidupan setelah mati…

Barangsiapa yang meletakkan hatinya di sisi Allah maka ia akan tenang, dan barang siapa yang memberikan hatinya kepada manusia maka ia akan gundah dan gelisah.(ibnul Qoyyim)

Dalam sebuah hadis qudsi, Allah berkata kepada malaikat. “Disebelah sana ada hambaku yang fasik, banyak berbuat dosa, berdoa kepadaKu. Penuhi permintaanya segera! Karena Aku sudah jera mendengar suaranya. Di tempat yang lain ada seorang hambaKu yang saleh sedang berdoa kepadaKu. Tangguhkanlah permintaanya! Karena Aku senang mendengar rintihannya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 Oktober 2009 in Motivasi dan Inspirasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: