RSS

Perjalanan Training at Semarang

21 Jun

Berawal dari keinginan Akh Priyanto, seorang ketua pengurus radio pengajian, sebuah radio internet berbasis islami yang dibuat oleh persatuan pelajar Indonesia di Perancis, yang ingin bekerja sama dengan FSLDK dalam menyiarkan konten dan program di radio tersebut. Akhirnya, sekitar bulan Januari 2010, dilakukan training radio Internet di UIN SUnan Gunung Djati Bandung yang diikuti beberapa LDK.
Beberapa pekan kemudian, dalam Rapat Pimpinan Nasional FSLDK Februari 2010 di Universitas Pancasila Jakarta, Akh Adi, BpNas Jawa Barat FSLDK, meminta saya untuk mengisi training singkat jurnalistik tentang radio Internet.
Dan pada bulan Mei, Teman-teman di Undip Semarang, yaitu Akh Putro, meminta saya untuk menjadi pengisi Pelatihan Radio Internet di Semarang. Awalnya masih ragu, karena jadwal pelatihannya bentrok dengan rencana saya untuk sidang Proyek AKhir. Tapi, saya tetap mengiyakan, karena jadwalnya hari ahad, sehingga tidak bentrok.
Akhirnya, saya berangkat ke Semarang dengan membeli tiket pada hari Jumat untuk berangkat pada hari Sabtu jam 19.00 dari Terminal Cicaheum, Bandung. Ini perjalanan pertama saya ke luar provinsi dengan Bus umum.
Tiba di Semarang puluk 03.00pg awalnya aku bingung, karena aku minta jemput jam 50.00pg. Ya sudahlah, akhirnya aku minta turun ke pak supir di daerah yang dekat dengan Undip tembalang. “Di milo aja mas”, kata pak sopir dengan logat jawa tentunya. Dan akupun mengiyakan saja karena gak tahu daerah semarang. Setelah turun, awalnya bingung, karena masih sepi, baru jam 03.30pg, aku mulai berjalan dan Alhamdulillah ada bapak2 yang masih hidup (baca: belum tidur), ane lihat sih kayaknya abis nonto bola nih. Ane Tanya aja, “pak, kalo mau ke UNDIP Tembalang naik apa ya”? Bapaknya jawab,” masih jauh dek, dari sini masih naik angkot lagi ke atas, nanti aja setelah subuh,sekarang masih belum ada angkot.” Kurang lebih seperti itu jawaban bapaknya dalam logat jawa tentunya.
Wuih..gimana nih..akhirnya saya Tanya, kalo mesjid yang deket daerah sini dimana ya pak? Beliau menunjukan ke kantor PDIP dan dibelakangnya ada Mesjid. Disana banyak teman kamu, kata bapaknya. Jadi bingung? Teman? Apa mungkin karena jaket saya merah disangkan orang PDIP kali. Hihi..
Sampai di Mesjid, istirahat kemudian Sholat Tahajud sampai Subuh, dan setelah itu, Alhamdulillah jemputan datang, beliau Akh Sahlan, Mahasiswa UNDIP Jurusan Biologi angkatan 2007, yang ternyata Adik kelas sahabatnya di IT Telkom. Subhanallah, tiada yang kebetulan dalam hidup ini.
Ane diajak mampir ke rumahnya, sebelumnya melewati beberapa tempat di Semarang, speerti Simpang Lima, Tugu Muda, Lawang Sewu, Pandanaran, Banir Kanal, dll. Rumahnya sederhana namun nyaman, istirahat sejenak, kemudian kita mulai berbincang-bincang. Mulai dari kuliah sampai keluarga. Akh Sahlan ini punya adik 7. Wah, berarti ibunya punya anak 8. MAntap..Anak kader baget nih..hehe..
Alhamdulillah, ternyata, saat itu berbarengan dengan syukuran adiknya Sahlan yang baru saja di sunat, dua adiknya Habib dan Azmi yang masih kelas 3 dan 1 SD, dan Ibunya meminta ane untuk makan terlebih dahulu. Sederhana, hanya daging kambing yang disediakan denga berbagai olahan, ada gule, tengklang, dan apa lagi ya..lupa..hehe..maklum lagi lapar jadi gak apal namanya, yang pasti khas Semarang.
Setelah mandi, beres2 dan makan, ane pamit ke ibu dan keluarga, diantar Sahlan ke UNDIP Tembalang, ternyata lumayan jauh..wuh..menikmati pagi di Kota Semarang.
Setelah sampai kampus, dan masuk ke ruangan Lab Ilmu Komputer, persiapan teknis, dan sebagainya, acarapun dimulai sekitar pukul 09.00 dan Alhamdulillah setelah pemaparan teori dan praktek selesai pukuk 14.00 wib di bantu oleh teman saya dari Boyolali yang kuliah di Perancis dan juga pengurus Radio Pengajian. (Jazakillah)
Setelah itu, saya diminta transit ke salah satu kos pengurus di dekat kampus UNDIP. Ditemani Akh, Hamdan, Mahasiswa Jurusan Matematik asal Bekasi angkatan 2007. Ane pun istirahat di kamarnya. Karena jadwal perjalanan pulang ke Bandung jam 19.00.
Setelah puas tidur..hehe..padahal Cuma satu setengah jam..beres-beres..mandi dan ba’da magrib kembali pulang ke Bandung dengan diantar oleh Akh Reza ke Terminal.
Pengalaman yang luar biasa tentang praktek ukhuwah para punggawa INSANI (INDAH PERSAUDARAN ISLAM). Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang sangat banyak dan besar. Sampai ketemu lagi nanti di Kota Ambon. Insya Allah..pengennya..
I Love Semarang..
Sekilas catatan Singkat tentang perjalanan kehidupan ini yang penuh makna dan hikmah.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 21 Juni 2010 in Laporan Perjalanan

 

2 responses to “Perjalanan Training at Semarang

  1. makha

    23 Juni 2010 at 9:39 pm

    wah..wah.. cie..cie.. yang udah jadi penyiar..

     
  2. Fajar Fatahillah

    23 Juni 2010 at 9:52 pm

    ente juga makha..hehe..seharusnya jadi penyiar..ayo siaran lagi..praktekkan ilmunya..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: