RSS

Al Qur’an Diantara krisis Multi Dimensi

19 Feb

Pada tulisan sebelumnya telah dijelaskan tentang berbagai krisis multi dimensi di Negara Indonesia, berikut adalah solusi yang merujuk kepada Al Quran.
Namun sebelum itu mari kita tela’ah beberapa ayat Al Qur’an,
Surat 41 ayat 26:

Dan orang-orang kafir berkata, “Janganlah kamu mendengarkan Al Qur’an ini dan buatlah kegaduhan terhadapnya, agar kamu dapat mngalahkan mereka.”


Surat 7 ayat 16-17:

Iblis(menjawab) : “karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan menghalangi mereka dari jalanMu yang lurus. kemudian pasti aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati mereka kebanyakan bersyukur.”

1. Kembali kepada Al Qur’am yang benar

Surat 12 ayat 2:

Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an berbahasa arab, agar kamu mengerti.

beberapa ulama ada yang mengutip surat ke-4 ayat 43 :
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati sholat,ketika kamu dalam keadaan mabuk sampai kamu sadar apa yang kamu ucapkan….

Maksud mabuk diatas ( sukara) adalah membaca tapi tidak mengerti bacaannya atau tidak memahami bacaannya, meskipun secara fisik ia dalam keadaan sadar.

Surat 8 ayat 35:

Dan Sholat mereka disekitar baitullah itu, tidak lain hanya siulan dan tepuk tangan. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu.

Surat 70 ayat 19-23:

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya,

2. Analisa teman dan Musuh

Surat 37 ayat 50-57

Lalu sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain sambil bercakap-cakap. Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Sesungguhnya aku dahulu (di dunia) mempunyai seorang teman, yang berkata: “Apakah kamu sungguh-sungguh termasuk orang-orang yang membenarkan (hari berbangkit)? Apakah bila kita telah mati dan kita telah menjadi tanah dan tulang belulang, apakah sesungguhnya kita benar-benar (akan dibangkitkan) untuk diberi pembalasan?” Berkata pulalah ia: “Maukah kamu meninjau (temanku itu)?” Maka ia meninjaunya, lalu dia melihat temannya itu di tengah-tengah neraka menyala-nyala. Ia berkata (pula): “Demi Allah, sesungguhnya kamu benar-benar hampir mencelakakanku, jikalau tidaklah karena ni’mat Tuhanku pastilah aku termasuk orang-orang yang diseret (ke neraka).

3. Dakwah berjama’ah

Surat 3 ayat 104 dan 110 :

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar217; merekalah orang-orang yang beruntung. Al Imran : 104

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. Al Imran : 110

Surat 20 ayat 24-25:

Pergilah kepada Fir’aun; sesungguhnya ia telah melampaui batas”. Berkata Musa: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku915,

Surat 47 ayat 7:

Hai orang-orang mu’min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.

Surat 29 ayat 40-41:

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.

Surat 20 ayat 120:

Surat 26 ayat 84:

dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,

Oleh Ustad Qusyaeri denga sedikit penambahan dari penulis
(18 02 2011, Mesjid Al Hikmah, Jakarta. )

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2011 in AL Qur'an

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: