RSS

Rumput Tetangga Lebih Hijau?

23 Jul

Siang, hari sabtu tanggal 23 Juli 2011.
Setelah pulang dari kampus di srengseng sawah, sengaja tidak langsung pulang, tapi jalan2 dulu ke depok, tepatnya ke kelapa dua, kebetulan ada saudara juga disana.
Depok. ya, satu kota yang penuh kenangan. kota yang dahulu menjadi bagiad dari Jabodetabek, sekarang sudah menjadi bagian dari Jawa Barat.
Menarik. Karena, geliat dakwah di kota ini sangat luar biasa. pesat. berbagai yayasan, lembaga pendidikan, majlis taklim tumbuh dengan sangat cepat. Salah satu bukti dan juga daerah yang saya namakan “kampung tarbiyah” itu adalah di jalan rtm kelapa dua, cimanggis, depok. Sepanjang jalan, siang itu, banyak ditemui toko2 muslim, mulai dari pakaian, makanan, herbal sampai makanan. Ada juga perumahan muslim, komplek2 yang sudah tershibgoh tarbiyah. Dan yang paling banyak adalah lembaga pendidikan islam, dari yang madrasah sampai yang islam terpadu. maka tidak jarang ditemui para ikhwan dan akhwat dengn gaya khasnya ditemui didaerah ini. Suasana yang cukup sejuk juga menjadi daya tarik.

sekilas ana berpikir, enaknya kalau punya rumah disini, lingkungan yang nyaman, berbasis pendidikan, dan akses dalam dakwah yang juga sangat banyak. Yah, rumput tetangga dakwah lebih hijau dari dakwah dirumah ana atau lingkungan saat ini??

Namun, setelah berpikir kembali, ana jadi teringat salah satu hadits, yang intinya adalah, besarnya pahala tergantung dengan besarnya ujian. Ya. Hadits itu menjadi kekuatan untuk terus menshibgoh tarbiyah di lingkungan yang belum tersentuh tarbiyah. meskipun tantangannya besar, ujiannya banyak, jalannya terjal berliku, namun ada rahasia indah disana. ada pahala yang besar disana. Dan keputusannya tergantung kita, pindah ke lingkungan yang lebih islami dengan meninggalkan potensi besar, atau tetap bertahan dan menggali potensi itu yang kemudian membangun peradaban islam. Maka yang kedua tentu ganjarannya lebih besar.

Sabtu, 24 Juli 2011 Jam 15.20
@ Markaz Dakwah, JatiPadang.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Juli 2011 in Laporan Perjalanan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: