RSS

4 Kategori Pemilih, Tips Keren Untuk Caleg & Timsesnya by: @IndraJPiliang

07 Jan

4 Kategori Pemilih, Tips Keren Untuk Caleg & Timsesnya by: @IndraJPiliang

Gambar

 

1. Thn kultwit dimulai. Kita bicara soal bgmn menghadapi pemilih yg transaksional. Sangat tdk mudah. Berbeda cara antar daerah.

 2. Bagi pemilih jd 4 kategori: keluarga besar (+jaringan sosial), ideologis, mengambang dan transaksional. Kategori ini utk memudahkan sj.

3. Yg perlu dikejar terlbh dahulu adalah pemilih keluarga besar, tmsk kawan2 sekampung, sesekolah, seasal daerah, sesuku, seetnis, dll.

4. Pemilih keluarga besar ini yg punya hubungan dg kakek, nenek, buyut, bisa jg ditarik ke 1 abad lalu. Pokoknya yg diakui sbg keluarga.

5. Biasanya keluarga besar ini akan membantu dg tulus, bahkan dg fulus, dimanapun mrk berada. Jd, mrk hanya perlu dikasih tahu.

6. Pemilih keluarga besar tdk byk jmlhnya, sesuai dg perjalanan hidup masing2 caleg. Ttp mrk paling militan, hanya krn ingin bantu.

 7. Anda org Batak? Cari org Batak di dapil anda. Begitu seterusnya: Minang dll. Pemilih keluarga besar ini dpt dsbt sbg pemilih etnografis.

8. Berikutnya pemilih ideologis, biasanya yg sdh lama memilih partai, atau yg cenderung ke ide2 dominan di partai anda. Jmlnya jg sedikit.

9. Pemilih ideologis jg bisa dikaitkan dg pribadi anda sendiri. Ide2 apa yg anda bawa? Lalu cari org2 lain yg jg seide dg anda di dapil.

10. Tp, jgn tertipu, pemilih ideologis skrg byk yg berseragam. Organisasi anu, ormas ana, perkumpulan ani, dsbnya. Biaya besar.

11. Survei menunjukkan bhw afiliasi pemilih ke organisasi tertentu itu kecil. Mau agama, hobby, dll. Pemilih tdk terpengaruh organisasi.

12. Lbh baik bersentuhan dg aktivis organisasi tertentu di tingkat desa, drpd ikut duduk di dpn dlm acara organisasi itu di tingkat kab.

 13. Org Indonesia dlm berorganisasi mirip dg negara2 Skandinavia: 1 org gabung ke 9 organisasi. Bedanya: organisasi kita blm sehat.

14. Byk organisasi (ide) di Indonesia yg hanya papan nama. Sekali setahun blm tentu ada kegiatan, kecuali ulang tahun. Sasaran Bansos.

15. Bahkan lbh byk organisasi yg berupa kartu nama di proposal aja. Tak punya kantor. Jabatan rata2 Ketua Umum. Jarang yg punya anggota.

16. Kecuali organisasi profesi, tentunya. Kalau anda bisa masuk dg baik, jd sumur relawan2 militan. Mrk apolitis, tp ideologis. Sentuh.

17. Rata2 LSM di daerah tak berdaya. Byk yg merupakan LSM plat merah (pro rezim). Kalaupun ada yg advokasi, biasanya utk cari duit jg.

18. Sosok terhormat di daerah biasanya yg aktif di PNPM atau organisasi sejenis yg bekerja ad hoc & permanen utk dana2 APBN & funding.

19. Genk2 anak muda biasanya setia. Apakah organisasi motor (tanpa cabe2an), pendaki gunung, penyapu ranjau, dll. Asal anda tulus aja.

20. Jd, pengertian ideologis dlm tweet ini adalah perkumpulan ide di masyarakat. Apapun ide itu. Ide buang sampah sekalipun.

21. Berikutnya floating mass (massa mengambang). Ini lbh tdk terorganisir. Anda perlu kerja keras utk merangkul mrk. Kerahkan relawan.

22. Floating mass bisa didekati dg program2 relawan. Yg ringan2. Bakar2 ikan. Lomba mancing. Adu Panco. Yg murah dan meriah dan hahahihi.

23. Utk floating mass, anda tak bisa masuk dg idealisme anda. Anda hanya bisa masuk bila jd bagian dari mrk dan jd mrk. Mrk byk, tp pecah.

24. Spt kumpulan ikan di laut, anda bisa kasih sorot lampu utk mengundang floating mass. Lalu beri kesan. Sedikit pesan. Rumit? Iya.

25. Bgm dg yg transaksional? Byk cara hadapi. Yg utama: anda minta ketemu dg massa yg mrk sebut ada. Lalu anda hadirkan tokoh yg mrk kenal.

26. Klpk transaksional ini jmlhnya sedikit, tp mrk aktif 24 jam. Mrk dekati siapapun dg janji yg lbh manis dari janji pacar pertama anda.

27. Biasanya yg transaksional ini berlagak bisa kerahkan seratus, dua ratus, sampai seribu org ke anda. Tp mrk sendiri tak berani maju.

28. Cara yg lain, tarik ulur. Jgn frontal kpd klpk transaksional ini. Mrk bisa membully anda 24 jam. Kerja mrk tanpa etika. Asal fulus.

29. Kalau anda sdh bisa petakan mana2 sj klpk transaksional, lbh baik anda hindari sj. Atau taruh satu org relawan anda jd kawan mrk.

30. Slmt kampanye. Tweet ini utk peringati 4 thn akun ini. Tp bakal byk serial tweet thn ini. Ingat, waktu anda kurang dari 100 hari.

https://twitter.com/IndraJPiliang

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2014 in Biografi

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: